Passive Cooling Strategies

Natural ventilationTergantung hanya pada gerakan udara sejuk penghuninya. Bukaan jendela pada sisi berlawanan dari gedung meningkatkan ventilasi didorong oleh angin. Karena angin alam tidak bisa dijadwalkan, desainer sering memilih untuk meningkatkan ventilasi alami dengan menggunakan ruang-ruang di dalam gedung-gedung tinggi yang disebut tumpukan. Dengan bukaan di dekat bagian atas dari tumpukan, udara hangat dapat melarikan diri, sementara udara dingin memasuki gedung dari bukaan di dekat tanah. Memerlukan ventilasi bangunan untuk terbuka pada siang hari untuk memungkinkan aliran udara.
High thermal massTergantung pada kemampuan bahan bangunan untuk menyerap panas pada siang hari. Setiap malam rilis massa panas, sehingga siap untuk menyerap panas lagi keesokan harinya. Agar efektif, termal massa yang harus dihadapkan pada ruang-ruang hidup. Bangunan hunian dianggap memiliki massa rata-rata ketika massa yang terbuka luas sama dengan luas lantai. Jadi, untuk setiap meter persegi luas lantai ada satu kaki persegi massa terkena panas. Sebuah lempengan lantai akan menjadi cara mudah untuk mencapai hal ini dalam sebuah desain. Massa bangunan tinggi akan memiliki hingga tiga meter persegi massa terbuka untuk setiap meter persegi luas lantai. Perapian batu besar dan interior dinding batu bata dua cara untuk memasukkan massa tinggi.
High thermal massWith night ventilation bergantung pada panas harian penyimpanan massa termal malam dikombinasikan dengan ventilasi yang mendinginkan massa. Bangunan harus ditutup pada siang hari dan membuka pada malam hari untuk menyiram panas pergi.
Evaporative cooling
menurunkan suhu udara dalam ruangan oleh air menguap. Dalam iklim kering, ini umumnya dilakukan secara langsung dalam ruang. Tetapi metode tidak langsung, seperti atap kolam, biarkan menguapkan pendinginan untuk digunakan di daerah beriklim lebih juga.

Ventilasi dan pendingin menguapkan sering ditambah dengan cara mekanis, seperti penggemar. Meskipun demikian, mereka menggunakan secara substansial lebih sedikit energi untuk mempertahankan kenyamanan dibandingkan dengan sistem pendinginan. Hal ini juga dimungkinkan untuk menggunakan strategi ini sepenuhnya pasif dalam sistem yang tidak memerlukan mesin atau energi tambahan untuk beroperasi.

Teknik pendinginan pasif dapat digunakan untuk mengurangi, dan dalam beberapa kasus menghilangkan, mekanik persyaratan udara di daerah-daerah di mana pendinginan adalah masalah dominan. Biaya dan efektivitas energi pilihan ini sama-sama patut dipertimbangkan oleh pemilik rumah dan pembangun. Terkandung dalam bagian ini adalah aturan-aturan praktis dan penjelasan atau hal-hal penting dari sistem pendingin pasif.

Dalam banyak bagian barat daya, pendinginan musim panas adalah sama pentingnya dengan pemanas musim dingin. Dalam kering bagian dari negara, pendinginan adalah pertimbangan desain utama.
Termal kenyamanan di musim panas berarti lebih daripada menjaga suhu udara dalam ruangan di bawah 75 °. Temperatur tinggi, atau kelembaban yang tinggi (atau keduanya) dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang berlebihan. Untungnya, daerah musim panas suhu tinggi cukup kering (kelembaban relatif biasanya rendah). Satu-satunya daerah yang cukup kelembaban yang tinggi, wilayah pesisir, juga berada di antara bagian-bagian keren wilayah di musim panas.

Ada tiga sumber utama yang tidak diinginkan musim panas: matahari langsung dampak pada bangunan dan melalui jendela dan skylight; perpindahan panas dan infiltrasi, eksterior suhu tinggi, melalui bahan dan elemen-elemen struktur dan internal panas yang dihasilkan oleh peralatan, peralatan , dan penduduk. Dari tiga, yang pertama berpotensi menjadi masalah terbesar di barat daya, tetapi biasanya yang paling mudah untuk mengontrol. Tabel 14 daftar panas perkiraan keuntungan dari tiap sumber untuk satu keluarga khas rumah terpisah dalam iklim di mana suhu rata-rata 75 ° F pada hari pada bulan Juli. Rumah yang dibangun untuk kode energi lokal dan berorientasi timur-barat, dan memiliki dua-pertiga dari total kaca menghadap ke selatan. Kaca yang tersisa terletak di dinding timur dan barat, dan semua kaca benar-benar unshaded. Bahkan dengan asumsi bahwa sinar matahari dapat dikecualikan dari interior di musim panas (prestasi yang sulit), rumah ini akan mengalami kelebihan beban panas dari 250 untuk 450 thousand BTU per hari pada Juli. Lebih parah lagi, rumah-rumah akan membutuhkan sekitar 4-8 ton pendingin udara masing-masing untuk menangani panas puncak keuntungan dan menjaga kamar nyaman di sore hari.

0 komentar: